Mendekati Bulan Ramadhan Polres OKU Gelar Operasi Musi 2024

Foto : Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni bersama PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengecek barisan apel Musi 2024 di halaman Mapolres OKU

muaraduainfo.com |Mendekati Bulan suci Ramadhan Polres OKU menggelar Operasi Keselamatan Musi Tahun 2024 yang akan di gelar di wilayah kabupaten OKU mulai hari Senin 4 Maret 2024.

Hal ini ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Musi Tahun 2024 Dan Pencanangan Aksi Keselamatan yang di pimpin langsung oleh Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni, S.I.K., M.H.,di Halaman Mapolres OKU. Sabtu (02/03/2024) sekira pukul. 08.00 Wib.

Read More

Apel gelar pasukan dimulai dengan pengecekan pasukan oleh Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni bersama penjabat (PJ) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah dan Forkompinda OKU.

Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni dalam kata sambutanya membenarkan manat Kapolda Sumatera Selatan Ijen Pol A. Rachmad Wibowo, S.I.K. bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Polri telah menetapkan operasi keselamatan tahun 2024 yang akan di laksanakan di seluruh Indonesia selama 14 hari, yang akan di mulai Tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024,” ucapnya.

Target dalam pelaksanaan Operasi ini iyalah menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalulintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam rangka cipta kondisi menjelang Ramadhan dan lebaran idul Fitri 1445 H.

Dalam operasi ini menyasar kendaraan Roda 2 (R2) dan Roda 4 (R4), dan yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis, penggunaan sirine, rotator atau strobe yang bukan peruntukannya serta TNKB yang tidak sesuai dan penggunaan helm SNI.

“Dalam hal ini Fungsi kepolisian dalam pemerintah negara di bidang lalu lintas dan jalan yang di atur dalam UUD nomor 2 tahun 2022 dan UUD nomor 22 tahun 2009 tentang lalulintas adalah untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas),” ucapnya.

Untuk meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas. Selanjutnya membangun budaya tertib berlalu lintas serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada public.

Tujuan dari empat fungsi maupun tugas tersebut tentunya adalah agar polisi lalu lintas mampu memberikan jaminan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas di jalan sehingga masyarakat dapat terbebas dari ancaman serta gangguan dalam beraktivitas dijalan.

Kapolres juga menekankan kepada petugas untuk melaksanakan tugas operasi dengan penuh rasa tanggung jawab, didasari dengan niat ibadah dalam setiap kegiatan, kemudian mengedepankan sikap senyum sapa salam dalam melaksanakan penindakan pelanggaran lalu lintas baik yang bersifat teguran maupun penilangan secara elektronik.

“Selalu menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun 2024 serta persiapkan pelaksanaan operasi ketupat 2024 dari sekarang,” tandasnya.

Apel Gelar Pasukan dihadiri oleh PJ. Bupati OKU, Waka Polres OKU, PJU Polres OKU, Dansubdenpom Baturaja, Dandim 0403 OKU, Kasat Pol PP, Kepala Dishub OKU, Kepala Jasa Raharja OKU, Para Komunitas motor baturaja dan pengendara ojek online, para mahasiswa dan pelajar Kab. OKU serta pasukan Apel gabungan TNI POLRI. (gun)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *