Banjir OKU Selatan, Buana Pemaca Jadi Korban

Muaraduainfo.com | Bencana banjir kembali melanda Kabupaten OKU Selatan, tepatnya di Kecamatan Buana Pemaca, Rabu (15/5/2024) dini hari. Luapan sungai Komering menyebabkan puluhan rumah warga terendam air dengan ketinggian bervariasi dari 30 CM hingga 0,5 meter.

 

Menurut pantauan wartawan Sumsel Indipenden di lapangan, serta informasi dari berbagai plafon media sosial, beberapa desa di wilayah Kecamatan Buana Pemaca seperti Desa Tekana, Tanjung Beringin, Damarpura, Jagaraga, dan Bandar terdampak banjir.

 

Syarif warga Buana Pemaca, mengatakan debit air sungai Komering mulai naik sekitar pukul 23.00 WIB malam.

 

“Air mulai masuk dalam rumah saya serta rumah beberapa warga lainnya sekitar jam 3 subuh,” tuturnya.

 

Levia, warga lainnya, mengatakan ketinggian air yang masuk dalam rumah sekitar 0,5 meter.

 

“Beberapa perabotan rumah seperti kursi tamu sempat terendam air,” katanya.

 

“Dari jam 11 sampai pagi ini, kami begadang tidak bisa tidur karena khawatir debit air semakin naik, apalagi informasi yang kami terima didaerah Uluan Muaradua hujan masih turun semalam. Kami beres-beres menyelamatkan isi rumah dengan meletakkan ke tempat yang lebih tinggi,” ujar warga yang ada.

 

Camat Kecamatan Buana Pemaca, Devi Ansori, membenarkan aliran sungai Komering yang ada di wilayah Buana Pemaca sempat meluap semalam.

 

“Semalam saya turun langsung melakukan peninjauan ke beberapa wilayah desa di Buana Pemaca seperti ke Desa Tekana untuk melihat langsung kondisi wilayah yang terdampak banjir aliran sungai Komering yang meluap,” ujarnya.

 

“Banjir semalam diperkirakan lebih besar dari musibah banjir beberapa tahun silam,” ungkap Camat Buana (rif)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *